tugas softskill manajemen pemasaran global
Nama : WARIH PURWANI
NPM : 17215110
Kelas : 4EA33
Manajemen
Pemasaran Global
1.
Bagaimana
pendapat saudara tentang suatu produk (barang & jasa) yang harganya murah,
bisa dibeli dimana mana, dan produksinya banyak. Apakah semua orang
menyukainya? Kaitkan jawaban saudara dengan segmentasi pasar dan bauran
pemasaran.
Jawaban:
menurut saya banyak orang yang
berminat produk dan barang tersebut. karena dalam saluran distribusi produk
yang menyebar menjadikan konsumen mudah untuk mendapatkan produk tersebut.
Dalam segmentasi pasar beberapa barang yang dikelompokkan kedalam kelompok
konsumen dengan harga murah berarti perusahaan mengelompokkan berdasarkan
faktor ekonomi dan juga demografi. Faktor demografi disini berkaitan dengan
usia, jenis kelamin, pendidikan serta ekonomi berarti menyesuaikan berdasarkan
pendapatan / penghasilan konsumen.
2.
Buatlah
contoh produk produk masal dan produk spesial (baranag/jasa)
Jawaban:
a. Produk massal : produk yang di
jual dengan bebas untuk masyarakat. Contohnya, mobil, motor, handphone, air
mineral dll.
b. Produk spesial adalah produk
konsumen dengan ciri unik atau identitas merek untuk mana selompok pembeli
tertentu bersedia untuk melakukan upaya khusus,termasuk merek dan tipe
mobil,alat foto yang mahal,dan pakaian pria buatan khusus. Contohnya,
sebuah Rolls Royce yaitu suatu produk istimewa karena biasanya pembeli bersedia
bepergian jauh untuk membelinya.
3. Jelaskan definisi /
pengertian dari masing masing perusahaan bisnis
a.
Contoh
produk / merknya negara asal (produsen)
b.
Domestik
c.
Internasional
d.
Multinasional
e.
Global
Jawaban: a.
Perusahaan Bisnis
|
Produk
|
Merk
|
Negara
|
Domestik
|
Makanan
|
Indomie
|
Indonesia
|
Internasional
|
Elektronik
|
Samsung
|
Korea Selatan
|
Multinasional
|
Makanan
|
Mc. Donald
|
Amerika Serikat
|
Global
|
Produk Home
|
Sido Muncul
|
Indonesia
|
b.
Perusahaan bisnis domestik adalah suatu unit bisnis yang
tingkat operasional dan pangsa pasarnya berada dalam suatu wilayah saja tanpa
melewati batas negara. Jenis perusahaan ini masih bersifat sederhana dan tidak
kompleks karena hanya memperhitungkan berbagai variabel yang berlaku di
sekitarnya saja mulai dari besar kecil kompensasi, budaya perusahaan, rekrutmen
tenaga kerja, analisis pasar, dan lain sebagainya.
c.
Perusahaan bisnis internasional adalah suatu unit bisnis yang
sudah memperluas atau ekspansi produksi dan pemasaran produk baik barang maupun
jasa ke luar negari dari negara asalnya. Hal ini terkadang harus dilakukan oleh
suatu perusahaan bisnis di kala pasar yang ada di dalam negri sudah berada
dalam tahap jenuh, sehingga sulit untuk dapat berkembang lebih besar lagi.
Dengan memasuki pasar internasional perusahaan harus mampu beradaptasi di semua
bidang dengan kultur budaya di negara setempat agar tidak menimbulkan
permasalahan sosial.
d.
Perusahaan bisnis multi nasional adalah perusahaan yang
memiliki beberapa pabrik yang berdiri di negara yang berbeda-beda. Penyesuaian
dengan budaya di tiap negara yang dimasuki adalah suatu keharusan untuk dapat
bertahan dan sukses. Dengan mendirikan banyak unit produksi di negara lain
diharapkan dapat menghemat biaya ongkos produksi dan distribusi produk hingga
sampai ke tangan konsumen akhir.
e.
Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor
pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi.
Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan
hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya
(globalisasi). Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah
ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan
perusahaan asing.
4. Apa yang dimaksud dengan
perusahaan / organisasi , berikan contoh organisasi / negara yang terkait
a.
Etnocentris
b.
Polisentris
c.
Regiosentris
d.
Geosentris
Jawaban:
a. Pandangan Etnosentris
Kenyakinan parochial bahwa pendekatan dan praktik kerja terbaik adalah yang
dimiliki oleh Negara asal /sendiri atau home country (Negara dimana
kantor-kantor utama milik perusahaan berada) dan meyakini bahwa
orang-orang di negara lain tidak memiliki kemampuan, keahlian, pengetahuan atau
pengalaman yang dibutuhkan untuk membuat keputusan bisnis terbaik, seperti yang
dimiliki orang-orang di Negara sendiri.
Sebagai contohnya adalah kebiasaan memakai koteka bagi
masyarakat papua pedalaman. Jika dipandang dari sudut masyarakat yang bukan
warga papua pedalaman, memakai koteka dianggap sebuah kewajaran.
b.
Pandangan Polisentris
Pandangan bahwa para
manajer di Negara tuan rumah (host country)
mengetahui pendekatan dan praktik kerja terbaik untuk menjalankan bisnis di Negara tersebut.
Beranggapan bahwa semua operasi luar negeri bersifat berbeda dan sulit
dipahami.
c.
d.
Pandangan Geosentris
Sebuah pandangan berorientasi
dunia yang berfokus untuk menggunakan pendekatan dan orang
terbaik dari seantero dunia. Berpandangan bahwa goesentris
memiliki wawasan global dan mencari pendekatan dan orang terbaik, tanpa
memandangasal negaranya.
5.
Hal
apa saja yang menjadi pertimbangan perusahaan melakukan bisnis global?
Jawaban: Sebelum perusahaan memutuskan
untuk memasuki pasar global, perusahaan menurut Pearce dan Robinson (1997:151)
mengambil empat langkah berikut:
a. Mengamati situasi global,
pengamatan meliputi membaca jurnal dan laporan-laporan paten serta
sumber-sumber bacaan lain.
b. Membina hubungan dengan perguruan
tinggi dan organisasi riset, perusahaan yang aktif dalam litbang mancanegara
seringkali mempunyai proyek-proyek kerja bersama akademi-akademi asing dan
adakalanya mengikat kesepakatan konsultasi dengan mereka
c. Meningkatkan ketampakan global
perusahaan, cara yang lazim adalah berperan serta dalam pameran-pameran dagang,
mengedarkan brosur, dan sebagainya.
d. Menyelenggarakan proyek riset
kerjasama. Beberapa perusahaan melibatkan diri dalam proyek riset bersama
dengan perusahaan asing untuk memperluas konteksmereka, mengurangi pengeluaran,
mengurangi resiko di pihak masing-masing, atau mencegah pesaing ke pasar
mereka.
Komentar
Posting Komentar